Sabtu, 04 Februari 2012

kitab sunan gunung jati

KITAB SUNAN GUNUNG JATI

WAJIB MENGENAL ALLAH SWT

Ma’rifat kepada Allah itu wajib kepada seluruh mukholaf (orang yang belajar islam), yaitu mereka yang sudah baligh, yang mana telah dijelaskan oleh sabda rosullullah, awwaluddin ma’rifatulloh, artinya: awal orang yang beragama adalah mengenal Allah, karena akarnya ibadah adalah harus mengenal dan mengetahui agar syah di terima amal ibadahnya oleh Allah. Ibadah haruslah dengan ilmu, jika tidak, maka batallah dan tidak berguna di akhirat hanya lelah di Dunia saja.

Ilmu artinya mengetahui, maksudnya bukan saja mengetahui yang wajib dan rukun saja dalam ibadah, tetapi harus mengetahui Allah dan Rasullullah, sebab itulah tempat dan gudangnya amal ibadah kita semua. Perumpamaan amal adalah seperti sebuah perabot rumah tangga seperti: meja, kursi, lemari dll, sedangkan ma’rifat kepada Allah SWT, adalah seumpama rumah yang besar lagi kokoh yang dapat menampung banyak perabot rumah tangga juga, agar dapat ditempatin untuk berteduh, karena perabot rumah tangga tidak bila disimpan di luar rumah, tentu saja tidak akan aman, karena panas dan hujan akan menimpanya, didunia saja tidak aman, apalagi diakhirat nanti, apalagi bila kita beramal dengan tujuan akhirat, tentu saja mengenal Allah menjadi suatu keutamaan, karena untuk bekal kita pulang menghadap Allah Swt.

Siapa semasa didunianya tiada kenal Allah, maka diakhirat kelak akan buta dan tersesat jalan, walaupun banyak amal, mereka buta dalam kematian, cape dan lelah didunia hanya berakhir penyesalan……. Mau dibawa kemana amal-amal kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar